Magang Koas Biofarma

dari kiri ke kanan sebelah saya (re:kerudung ungu motif)
 ada Drh. Gembong, Drh. Ivov, Drh. Ibe dan Drh. Prita

Koas putaran bagian terakhir yang jalani adalah di industri pembuatan bahan medis biologis, PT. Biofarma. Tupoksi koas di biofarma adalah belajar mengenai cara pembuatan sediaan bahan medis biologis seperti vaksin. Vaksin yang dihasilkan oleh PT. biofarma banyak sekali, namun yang saya pelajari di sana adalah vaksin polio, vaksin tetanus dan bisa ular.  Pembagian magang koas di biofarma dibagi menjadi 4 subkelompok yang terdiri dari 4 orang setiap kelompoknya. Tiap kelompok ditempatkan di bagian yang telah diizinkan untuk kita mahasiswa koas menimba ilmu sebnyak-byaknya, yaitu: bagian donor dan pemeliharaan kuda, breeding mencit, hewan SPF serta uji hewan. Bagian donor dan pemeliharaan kuda serta breeding mencit berlokasi di Biofarma Cisarua sedangkan bagian hewan SPF dan uji hewan berada di Biofarma Pasteur, Bandung.

Pertama saya akan menceritakan bagian donor dan pemeliharaan kuda. Donor yang dibahas disini adalah kegiatan plasmaperesis dari kuda. Kuda yang digunakan sebelumnya telah diimunisasi dengan vaksin tetanus maupun bisa ular lalu darahnya dipanen dan serumnya diambil. Sisa darah kemudian di rekonstruksi dan di transfusikan kembali ke kuda yang sama. Kegiatan donor dilakukan 3 kali seminggu yaitu hari Rabu, Kamis dan Jumat. Sedangkan Senin dan Selasa bagian donor melakukan pemeriksaan titer serum kuda sebelum dipanen agar sesuai dengan kriteria. Kuda diberi perawatan oleh tim pemeliharaan jika mengalami gangguan kesehatan. Selain itu jika titer antibodi dari serum kuda mengalami penurunan makan akan dilakukan hiperimunisasi oleh tim pemeliharaan juga. Bagian donor dipimpin oleh Pak Agung sedangkan pemeliharaan dipimpin oleh Drh. Bayu.

Lanjut ke bagian breeding mencit, di bagian ini kita akan diajak bagaimana membuat menejemen breeding yang baik dan mampu menghasilkan anak mencit sesuai speck untuk percobaan sesuai target. Kita juga mesti tahu tentang sistem perkandangan, pakan, minum dan genetika. Di bagian ini kita mendapat kesempatan untuk melakukan nekropsi mencit yang mengalami kecacatan fisik atau yang mati. Dari nekropsi tersebut kita bisa mengetahui penyebab kematian maupun gangguan kesehatan yang dialami mencit tersebut, seperti kecacingan maupun adanya infeksi bakteri.

Pada bagian ketiga kita mendapat kesempatan belajar di bagian hewan SPF (Specific Pathogen Free) yang berlokasi di Biofarma Pasteur. Hewan yang kita pelajari disini adalah monyet Macaca fasicularis dan ayam SPF. Macaca SPF digunakan untuk pembuatan vaksin polio sedangkan ayam SPR untuk menghasilkan telur SPF. Saat saya magang karena suatu hal kami dipindahkan ke bagian Quality Control (QC) dan NVT (Neurovirulent Test). Di bagian QC kita akan mempelajari tentang uji-uji serologis untuk kontrol penyakit yang tidak dibolehkan ada pada hewan uji dan health monitoring yang dibimbing oleh Drh. Prita. Kalau di NVT kita akan belajar tentang pembuatan preparat histopatologi dan pembacaanya yang diajari oleh Drh. Dodot.

Bagian terakhir yang kita kunjungi adalah bagian uji hewan. Uji Hewan terdiri 3 divisi, uji hewan 1 menguji tentang produk vaksin virus, serum anti-bisa ular dan uji pirogen dengan user PMVV. Uji hewan  menguji bulk produk vaksin bakteri dengan user PMVB, sedangkan uji hewan 3 menguji produk vaksin polio dengan user NVT.


Kegiatan magang di biofarma dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 16.00. Jam istirahat selama 1 jam dari pukul 12.00 hingga 13.00. makan siang diberikan secara free di tempat makan dengan menuliskan nama dan paraf di lembar absennya dulu, jika dibagian biofarma Cisarua kita dapat mengambil makanan sepuasnya karena prasmanan namun biofarma di Pasteur lauknya sudah diambilkan dari catering jadi ga bisa ngambil banyak. Tapi syukuri aja karena menunya 4 sempurna bgt, kalau mau 5 sempurna beli susu sendiri haha. Di awal kita masuk juga aka nada psikotest dan foto untuk pembuatan kartu identitas magang. Siapin fisik yang kuat agar siap menghadapi cuaca dingin di Cisarua terutama. Semangat!!

Comments

Popular Posts