Ceritaku di awal tahun kuliah di IPB








Sesuai dengan cerita sebelumnya (Kenapa, Kenapa dan Kenapa), sekarang aku mau menceritakan uneg-uneg tentang kesan-kesan pertamaku ketika masuk asrama ipb.

Masuk IPB harus ikut TPB(Tingkat Persiapan Bersama) selama satu tahun. Rangkaiannya buat anak yang masuk melalui snmptn undangan/pmdk pertama harus masuk asrama mulai akhir Juni, terus mengikuti matrikulasi atau sejenis kelas pemantapan selama satu bulan pada mata pelajaran yang telah ditentukan oleh institut, bulan Agustus baru ospek soalnya nunggu anak yang masuk melalui snmptn tulis.

Diasrama banyak banget anaknya, mulai sabang sampai merauke deh. Asramanya dibagi menjadi dua. Asrama putri menggunakan gedung A, mulai A1 sampai A5. A1 sampai A4 sekomplek, tapi A4 rumah susun. Sedangkan A5 tempatnya rada jauhan yaitu digedung Sylvasari. Kalau Asrama buat cowok menggunakan gedung C, mulai C1 sampai C3 doang kalau yang sekomplek dan ada C4 yang dekat dengan A5.

Di asrama ketat banget peraturannya. Kita gak boleh masak air apa lagi nasi dan kawan-kawannya. Jadi kalau perut krucuk-krucuk harus beli deh. Harga makanan dikantin sekitar lima ribuan. Jadi buat kamu yang uangsakunya pas-pasan makannya 2 kali aja, jam 10 pagi n jam 5 sorean (biar ngirit). Bawa alat elektronik yang diperbolehkan cuma hape sama laptop. Nyuci baju, piring-sendok, and wudlu tempatnya jadi satu. Ghrrrr, kadang sih keliatan jorok, habis masak cuci piring barengan cuci baju. Apalagi kalau ada yang ngepel. Oh semua jadi satu tempat gitu.

Asramanya lumayan bersih sih. Satu kamar buat empat orang. Untuk bulan matrikulasi banyak kamar yang hanya berisi dua atau tiga orang. Kalau aku cuma berdua sekarang sekamar. Teman sekamar aku anak bogor, dia sering banget pulang bahkan kadang ga nginep di asrama. Jadi aku numpang tidur dikamar temanku yang seSMA (Nia). Selorong yang berisi hampir 12 kamar disediain strikaan dan dispenser satu buah doang.

Acara diasrama kalau minggu pertama lumayan banyak, mulai malam pertama ada SOGA(Social Gathering) gedung, terus tiap jam 5.30 ada apel pagi terus ada GBBA(Gerakan Bersih-Bersih Asrama) Terus ada jelajah kampus, ada juga olah raga jalan-jalan ke danau deket asrama. Capek juga sih. Kadang ada juga SOGA Lorong kalau pas malam terus makan bareng. Makannya ya beli sendiri-sendiri cuma makannya aja barengan.

Sebagian besar anak ipb pakai jilbab, kalau kakak SRnya(Senior Resident) pada pakai jilbab besar. Anak-anak disini pakaiannya sederhana, ramah-ramah pula. Jadi jangan heran kalau sering banget diajak kenalan dijalan atau diasrama. Di asrama orangnya semua pakai bahasa Indonesia karena asal daerahnya semua beda-beda.

Hukuman kedisiplinan di asrama ga berat kok. Paling kalau kita telat apel atau ga pake pin angkatan cuma disuru senam. Tapi untuk peraturan berpakaian lumayan ketat. Di lorong asrama ga boleh pakai sandal, di lingkungan asrama ga boleh pakai bawahan di atas mata kaki. Baju tidur ga boleh dipakai buat keluar gedung.

Di sini kalau masalah cuci baju enak kok, tiap pagi ada BICU (Bibi Cuci) yang lewat depan kamr-kamar sambil teriak laundry-laundry….. Laundrynya untuk langganan perbulan dengan tiap hari maks empat potong baju tarifnya 60 ribu tapi mungkin sekarang naik. Atau bisa perkilo empat ribu. Di asrama ada cyber lab buat ngenet, ada wifi juga, pos satpam, ambulan, kantin, foto kopi, toko2, mini market, dan lapangan basket. Lumayan komplit juga.

Karena IPB itu luas banget (sekitar 8 hektar) jadi kalau kemana-mana jauh, jadi kalau ga bawa kendaraan pribadi kita bisa naik ojek dengan tarif 3 rb rupiah, atau pinjam sepeda di shelter-shelter sepeda yang buka tiap senin sampai jumat. Jumlah sepeda banyak kok. Disini juga ada bis, kalian bisa nunggu bisnya lewat di halte-halte yang ada.

Kalau asal kita daerah Jawa Barat atau Jakarta, akhir pekan bisa pulang naik angkot dan kereta. Untuk yang rumahnya jauh kayak aku nih ya di asrama aja. Tapi dari pada cuma makan tidur di asrama mending jalan-jalan, biar tahu tempat-tempat asyik didaerah sekitar Bogor. Bisa juga yang pengen main ke puncak, seger tuh udaranya dari pada di kota.

Deket-deket IPB ada pertokoan kecil-kecil yang jual kelngkapan buat anak mahasiswa yang pada ngekos. Daerahnya disebut Berlin, kalau belok kanan ke Bara. Kalau belok kiri ke Bateng. Soal makan sih jangan bingung, yang penting siap uang kemana-mana cukup deh.

Gak ada salahnya punya pengalaman tinggal di asrama. Kita jadi belajar untuk berbagi deng yang lain. Mulai berbagi kamar tidur, kamar mandi, belajar bareng, ketawa bareng, sedih bareng. Seru kok. Lagian kita juga ga bakal di bentak-bentak sama SRnya kalau bikin kesalahan.Tapi ya tetep disini kita harus disiplin, kan ada komisi disiplinnya juga.

Sekian dulu deh cerita saya ni, kayaknya udah panjaaaang. Jadi kalian yang mau masuk IPB harus siap mental buat masuk asrama dan siapin duit buat makan dan lain-lain.
Seee yaaaa
Dadah…….. sampai ketemu di IPB!

Comments

Popular Posts