Analisa SWOT kehidupan mahasiswa S1


SWOT merupakan akronim dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (hambatan/ancaman). Analisis SWOT adalah sebuah analisa yang dicetuskan oleh Albert Humprey pada dasawarsa 1960-1970an. Analisis SWOT digunakan untuk menghadapi segala ancaman dan hambatan di masa yang akan datang serta untuk mempersiapkan diri dari berbagai perubahan sosial yang ada agar sesuai dengan harapan dan cita-cita kita. Secara ilmiah analisis SWOT juga diartikan sebagai metode atau cara untuk menggambarkan kondisi atau mengidentifikasi masalah berdasarkan faktor internal maupun faktor eksternal. Analisis SWOT menggambarkan apa yang terjadi, bukan sebagai pemecah masalah. Saya akan mencoba untuk menganalisis SWOT yang ada pada diri saya mulai dari sekarang hingga 5 taun yang akan datang. Apa saja potensi yang bisa berpengaruh pada karir serta hambatan-hambatan yang ada ke depan agar saya bisa mempersiapkan diri lebih baik. Tujuan utama saya dalam 3 hingga 4 tahun ke depan adalah lulus kuliah dengan nilai cumlaude. Dengan nilai cumlaude dan lulus tepat waktu saya berharap dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai potensi dan tentunya sesuai dengan harapan serta cita-cita saya.
Analisis SWOT pribadi saya
Strenght    
Situasi/kondisi yang merupakan kekuatan seseorang, organisasi/perusahaan maupun sebuah program saat ini yang berperan/berpengaruh positif di masa yang akan datang. Strenght bersifat internal.
·      Memiliki semangat yang tinggi
·      Memiliki mental pantang menyerah
·      Memiliki jiwa bisnis (entrepeneur) yang tinggi
·      Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
·      Bertanggung jawab pada diri sendiri
·      IPK ≥ 3,5
·      Good looking
·      Memiliki atittude yang baik
·      Memiliki kemampuan bersosialisasi cukup baiK
.      Terbuka dan mau menerima saran dari orang lain sebagai motivasi

Weakness 
Situasi/kondisi yang merupakan kelemahan seseorang, organisasi/perusahaan maupun sebuah program saat ini yang bisa berpengaruh negatif di masa yang akan datang. Weakness bersifat internal.
·      Lemah dalam mengatur keuangan (boros)
·      Malas
·      Lemah dalam hafalan
·      Susah mengatur waktu dengan baik
·      Lemah dalam mempersuasi/melobi orang atau lembaga
·      Ceroboh
·      Pelupa

Opportunity
Situasi/kondisi peluang atau kesempatan yang berkembang di masa datang yang terjadi di luar diri sendiri, organisasi, atau sebuah program. Opportunity bersifat eksternal.
·      Mengikuti organisasi dan kepanitian di kampus yang mampu membangun softskill
·      Banyak belajar secara otodidak untuk menambah pengetahuan
·      Memiliki teman-teman yang baik dengan berbagai macam skill
·      Memperdalam pengetahuan tentang kedokteran hewan melalui magang dan kEgiatan Himpunan Profesi

Threat  
Situasi/ kondisi yang merupakan ancaman atau hambatan yang dapat mengancam eksistensi seseorang, organisasi atau sebuah program di masa datang. Threat bersifat eksternal.
·      Banyak orang (kompetitor) yang memiliki skill diatas saya
·      Deadline untuk lulus kuliah cepat (maksimal 4 tahun)
·      Banyak tugas kuliah yang saya rasa sulit
·      Lapangan pekerjaan yang sesuai harapan makin sedikit
·      Ketahanan tubuh yang kurang

Setelah saya menganalisis SWOT yang ada dalam diri saya, langkah yang harus saya lakukan yaitu menyusun strategi untuk bisa diimplementasikan mulai sekarang hingga 5 tahun ke depan.
·      Strategi 1 tahun ke depan           :
a)      Fokus kuliah, mengejar target IPK minimal 3.5
b)      Mengerjakan tugas-tugas kuliah sebaik mungkin
c)      Melatih kemandirian dengan berbisnis kecil-kecilan
d)      Lebih rajin olahraga agar tubuh tetap bugar
e)      Dapat membagi waktu dengan baik antara bermain dengan kuliah, organisasi dan bisnis
f)       Lebih banyak melatih jiwa sosialisasi
g)      Mengikuti kegiatan intra dan ekstra kampus untuk melatih kepercayaan diri
h)      Bertanggung jawab dalam segala hal
·      Strategi 2-3 tahun ke depan :
a)        Fokus kuliah, mengejar IPK cumlaude
b)        Lulus kuliah tepat waktu
c)        Memperbanyak relasi dalam berbagai hal
d)        Memperbesar bisnis
e)        Banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif
f)         Disiplin waktu
g)        Bertanggung jawab
h)        Magang di tempat yang sesuai harapan dan kemampuan (skill)
·         Strategi 4-5 tahun ke depan :
a)      Lulus kuliah dengan IPK cumlaude
b)      Mendapatkan pekerjaan yang mapan
c)      Memiliki kehidupan yang mapan
d)      Memiliki berbagai macam usaha (kuliner,wedding organizer,butik dll)
e)      Menikah dengan pria yang mapan, beriman dan tampan
Harapan saya setelah menganalisis SWOT yang ada dalam diri saya dan membuat strategi hingga 5 taun ke depan, kehidupan saya mulai sekarang dan seterusnya bisa tertata dan selalu menjaga komitmen terhadap apa yang sudah saya susun dengan memanfaatkan segala potensi yang ada dalam diri saya. Dan tentunya dengan berbagai hambatan yang ada, saya harus bisa melewati semua untuk menuju kesuksesan dalam karir kelak.



Comments

Popular Posts