Koasda Unggas PT. APE, Super Unggas Jaya

Magang di peternakan unggas adalah salah satu magang wajib untuk mendapat gelar dokter hewan. Saya merasa sangat beruntung mendapat kesempatan magang di peternakan unggas Super Unggas Jaya yang terletak di Purwakarta. Nama peternakan yang saya kunjungi merupakan unit PT APE (Agrobis Panca Ekatama). Jenis ayam yang diternakkan adalah parent stock ayam broiler, dengan strain: Cobb, Rose dan Hubbard. Semua kalau dilihat sekilas memang sama tapi menurut sumber terpercaya mereka berbeda. Sistem perkandangan yang digunakan adalah closed house, yang terdiri dari 4 flock dan masing-masing flock memiliki 6-7 kandang. 

Ayam yang diternakkan tiap kandang sekitar 2000 ekor perkandang. Bisa dibayangkan seberapa banyak itu ayam di dalam kandang yang berukuran 14×120 m. Kandang closed house terdiri beberapa komponen pengatur kondisi udara di dalamnya seperti suhu, kelembaban dan kecepatan angin. Komonen tersebut sangat berpengaruh terhadap lingkungan dan kondisi kesehatan ayam. Jika suhu terlalu tinggi ayam akan mudah gasping karena peningkatan suhu tubuh. Kelembaban yang tinggi bisa disebabkan litter basah atau lingkungan luar yang lembab akan mengakibatkan peningkatan kadar ammonia di dalam kandang. Kecepatan angin juga saling berkaitan dengan suhu dan kelembaban.

Kegiatan magang di PT. APE dimulai sejak pukul 07.00, kami diwajibkan mandi dan berganti baju sebelum memasuki zona kedua. Sebelumnya saya ingin menginfokan kalau kami tinggal di mess atau asrama pegawai yang berada di dalam komplek PT. APE dan area yang kami tempati adalah zona pertama. Jika terdapat orang luar ingin masuk maka harus berganti sandal dan disemprot disinfektan, sedangkan barang bawaan kami harus disinar UV. Setelah sampai di zona kedua kami dapat menjumpai kantor tempat staff bekerja. Terdapat 2 ruang staff dan 2 ruang untuk obat-obatan dan disinfektan. Kantor juga dilengkapi dapur, kamar mandi dan ruang meeting. Para mahasiswa magang sangat betah berlama-lama di kantor karena ada wifi yang boleh kami pakai, namun ada beberapa portal web yang tidak bisa diakses seperti blogger.

Dari zona kedua kami akan menuju zona ketiga yang terdiri dari kandang-kandang. Kita diwajibkan mandi lagi dan harus berganti baju dan alas kaki dengan boots. Kandang tersebut berada di flock-flock. Setiap flock terdapat umur ayam yang berbeda-beda sehingga ayam yang ada bukan dipelihara dengan sistem all in all out namun multi ages. Dengan adanya sistem multi ages menyebabkan managemen pemeliharaan dengan biosecurity yang sangat ketat. Terutama keluar-masuknya personil yang ke kandang. Kita harus menjaga agar mandi dengan benar, dan keramas sampai bersih. Dijamin kulit anda kering karena keseringan kesemprot desinfektan. Yang rajin pakai lotion, seenggaknya bisa mengurangi tingkat kekeringan kulit hehe.
               
Banyak sekali kenangan indah selama magang di APE, antara lain: makan siang gratis, makan lain bisa catering, mandi pakai air hangat, TV kabel, sering jalan-jalan sama bapak2 staff, karaokean konvensinal maupun karaoke sesungguhnya, rumah messnya cozy banget, telur double yolk yang melimpah, kasih saying bapak2 di mess dll. Pokoknya semua itu ga bisa dihitung pakai angka karena perasaan bahagia membuat kualitas hidup meningkat dan sehat selalu sampai selesai magang di sana.
               
Saya ucapkan terima kasih kepada :
1.       Pak Luthfi selaku kepala PT. APE
2.       Pak Ade, Pak Irawan dan Pak Patih selaku kepala flock
3.       Pak Yudi dan Pak Unggul selaku asisten kepala flock
4.       Drh Lia, Drh Lorry dan Drh Komang sebagai pembimbing magang unggas kami
5.       Semua bapak-bapak kandang di Flock B danC

Semua orang yang diatas sangat berjasa memberi ilmu dan praktik lapang selama magang di PT.APE.



Comments

Popular Posts