Koas Bagian Patology Veteriner IPB

Foto terakhir di bag patologi bersama Prof Eko tercinta

Bulan ketiga dari Putaran kedua adalah bagian patologi. Sebelum masuk ke kegiatan di bagian kalian akan membagi diri menjadi dua kelompok. Lalu digilir nekropsi dan histopatologi. Agar kalian diteima secara sah di patologi, kalian mesti wajib lulus pretest. Isi soalnya biasanya perubahan postmortem, jenis eksudat, penyakit pada unggas, penyakit pada mamalia.

Selain itu ada beberapa hal yang kalianharus tau dari patologi, antara lain:
1.       Nekropsi
Nekropsi menurut aku adalah nama lain dari autopsy. Jadi misal hewan mati secara tidak wajara maka untuk mengetahui penyebab kematiannya dilakukanlah yang namanya nekropsi. Teknik nekropsi antar hewan berbeda beda, misal unggas: cara nekropsinya dilakukan dengan membuka rongga perut dari kedua sisi abdomen. Berbeda dengan nekropsi anjing atau kucing, nekropsinya dimulai dengan membuka abdomen dari linea alba. Kalau mau tau teknik nekropsi baca buku dulu. Di ruang ko as patology ada bukunya, yang sampul warna kuning. Disitu kalian juga mesti tau perubahan post mortem hewan yang ada secara fisiologis dan yang bersifat patologis. Catet ya di ruang nekropsi ga boleh merekam, mengfoto ataupun membocorkan info di ruang nekropsi ke luar. Semua bersiaft private dan kalau mau nulis langsung di papan tulis pake spidol aja.
2.       Histopatology
Kalau kalian pada jago atau pernah ngasprak histologi atau patology kalian mesti masih inget lah gambaran mikroskopis jaringan. Jadi mesti buka-buka lagi nih buku praktikum dulu. Termasuk buka atlas patology yang sangat bermanfaat. Kegiatan nekropsi dan histopatology dilakukan selang seling dengan kelompok satunya. Biasanya dosen yang membimbing kegiatan histopatology sangat minim. Dari dua minggu waktu latihan untuk nekropsi dan histopat mungkin hanya sekalia atau dua kali kita dapat menimba ilmu histopat dari dosen. Jadi catet, dengerin dan respin dalam-dalam pengalaman itu sebelum ujian.

3.       Tentir
Tentir adalah sesi tanya jawab antara mahasiswa yang abis nekropsi hewan dengan dosen yang piket hari itu. Disini tentir diikuti oleh seluruh mahasiswa ko as bag patology baik yang lagi gilaran histopat maupun empu yang nekropsi. Semua mesti dengerin pas ada yang ngomong, apalagi klo dosennya lagi ngasih wejangan. For your information, kalian jangan suka asbun (asal bunyi) ya kalau ditanya dosen. Pertanggung jawabannya berat bro, bisa-bisa kamu dapat tugas tambahan bikin makalah lagi ntar.
4.       Laporan
Laporan di patology dikumpul sehari setelah nekropsi. Siapin aja kopi dan buku-buku literature. Tiap malam bakal kencan ma mereka tuh. Format dari laporan terdiri dari sampul, anamnesa dan hasil dari nekropsi dan pembahasan. Dari situ tulis kesimpulan penyebab kematian si hewan. Jangan lupa tulis nomor eprikrise nekropsi di meja mbak Kiki dan di laporan, biar infonya jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.
5.       Diskusi
Diskusi atau nama lainnya adalah ujian lisan merupakan kegiatan yang dilaksanakan setelah dua minggu pertama kita latihan nekropsi. Diskusi terdiri dari diskusi teori dan diskusi nekropsi. Kalau diskusi teori pertanyaannya bakal berkutat mengenai patofisiology suatu kelainan organ. Kalian mesti tau perjalanan penyakit kenapa bisa bikin perubahan patologisnya seperti itu.KAlau udah lulus diskusi teori next lanjut ke ujian nekropsi. Kita melakukan nekropsi sendiri maupun berdua/ bertiga. Lanjut dengan menulis epikrise sendiri lalu ditentir dan ditentukan arah pembahasannya. Besoknya kita kumpulin deh hasil tentir ujian nekropsi ke mbak Kiki. Nanti mbak Kiki yang nyariin dosen buat diskusi laporan kamu. Banyak doa aja biar diberikan yang terbaik. Kalau ga lulus ya berarti harus coba lagi dan lagi sampe lulus. Paling juga klo dosennya udah lelah ketemeu kita ya bakal ngasih tugas paper hehe.

Klo bingung siapa sih mbak Kiki? Beliau adalah staf bagian patology yang mengurus administrasi. Hidup anak koas sangat bergantung ke mbak Kiki karena beliau adalah penyalur kita saat membutuhkan dosen. Baik-baik ya ma mbak Kiki, dia baik kok super cantik pula haha


Alhamdulillah bagian patologi yang punya mitos paling serem diantara bag putaran kampus lain dapat kita lewati dengan selamat. Beruntung kita mendapat pembingbing Prok Eko yang super sabar dan tidak pernah marah. Padahal mah kita bandel dan ga ngerti-ngerti klo diterangi ngantuk pula wkwkwk. Tapi nilai histopat pada bagus2 kok. Makasih ya bunda kita tercinta, love uuuu 

Comments

Popular Posts