Magang Karantina Hewan Lampung

Magang koas di karantina hewan Lampung tuh banyak ceritanya, beda ma karantina yang lain. Nih ya aku kasih liat jadwal kita

Waktu
Tempat
Kegiatan
2 Mei 2017
Balai Karantina Pertanian Panjang
1.       Penerimaan oleh koordinator koas (Drh Puji), Penerimaan oleh kepala balai karantina pertanian (Drh Bambang),
2.       Uji MBM
3.       Uji RBT
3 Mei 2017
Feedlot PT KASA
Pengambilan sampel darah dan vaksinasi SE (135 ekor)
4 Mei 2017
Feedlot PT IPB
Pengambilan sampel darah dan vaksinasi SE (110 ekor)
5 Mei 2017
Bandara Radin Inten II
Belajar cara pemeriksaan komoditi
8 Mei 2017
Karantina Pertanian Pelabuhan Bakaheuni
Belajar tentang E-QVet
9 Mei 2017
Balai Karantina Pertanian Panjang
1.       Uji NItrit sarang burung wallet
2.       Belajar mengenai karantina hewan ekspor dan impor
3.       Kunjungan ke Pelabuhan Panjang untuk pemeriksaan sapi bakalan impor di Kapal
10 Mei 2017
Balai Karantina Pertanian Panjang
Diskusi dengan Drh Oka
11 Mei 2017
Feedlot PT GGLC
Pengambilan sampel darah dan vaksinasi SE (155 ekor)

Gimana nih perasaan kalian setelah membaca tabel diatas? Merasa ga rugi kan jauh-jauh ke Lampung dapat banyak pengalaman dan jalan-jalan??
Sebenarnya masih banyak kegiatan lainnya namun kita hanya mendapat kesempatan itu, kalau kelompok yang lain ada yang mengikuti kegiatan pemusnahan juga.

 Bocoran aja, point penting dari kegiatan karantina adalah (8P) yang meliputi:
1.       Pemeriksaan
2.       Pengasingan
3.       Pengamatan
4.       Perlakuan
5.       Penahanan
6.       Penolakan
7.       Pemusnahan
8.       Pembebasan

Dasar Undang-Undangnya yaitu UU No. 16 Tahun 1992dengan petunjuk pelaksanaan PP No. 82 tahun 2000. Sebagian besar kantor karantina ada di pos keluar masuknya area seperti: pelabuhan, bandara dan perbatasan antar negara. Jadi kegiatan karantina dilakukan biasanya bersama dengan pihak imigrasi dan bea cukai. Ketiganya bekerjasama untuk menjaga wilayah Indonesia dari ancaman bahaya yang bisa keluar maupun masuk, terutama kalau karantina hewan ya penyakit asal hewan.

Yang mesti kalian tahu nih, lalu lintas hewan itu harus pake surat kesehatan hewan dari dinas setempat yang biasanya kita tahu sebagai SKKH. Lebih dari itu kita mesti tahu apakah hewan yang mau kita kirim dapat diterima di daerah tujuan, hal ini berhubungan dengan status dari daerah apakah endemic penyakit atau bebas. Nah kalau sudah, bawa hewan dan SKKH tadi ke kantor karantina untuk mendapatkan pemeriksaan fisik hewan dan pembuatan dokumen untuk lalu lintas hewan. Akan ada biaya untuk tindak karantina ini yang masuk ke kas negara dan dilaporkan secara online. Jadi kalian ga perlu takut ada pungli…

Yang di atas tadi sekilas bagaimana cara mengirim hewan, selanjutnya bagaimana perlakuan hewan di daerah tujuan?? Ternyata hewan diperiksa lagi fisiknya dan kelengkapan surat-suratnya seperti SKKH dan surat dari karantina asal. Setelah itu kalian juga wajib membayar biaya pemeriksaan. Kalau semua udah kelar hewan siap dibawa pulang ke rumah deh.


Sekian cerita aku tentang koas di karantina hewan, saran aku kalian kalau mau magang di Lampung bawa aja wearpack warna gelap untuk ke kandang 2 buah, bawa jas lab untuk kegiatan lab, baw boots, bawa kemeja banyak karena tiap hari ngantor, bawa uang lebih karena mess jauh dari mana-mana. Jadi uang kalian akan lebih banyak habis buat transport. Tapi aku sih ga terlalu mempermasalahkan karena semua worth it gitu. 

Click this video to know more about my activities!



Comments

Popular Posts