Magang Koas KPSBU Lembang

Magang sapi perah itu adalah koas yang paling deg-degkan setelah kesmavet dan patology. Do you know why? Karena oh karena di akhir masa koas so pasti ada yang namanya supervisi (read: ujian di lapang ma dosen).  Gw punya tips-tips jitu magang sapi perah yang efektif dan membuat kamu pintar dengan cara cerdas untuk menghadapi supervisi.
Pertama, kamu mesti selalu bawa perlengkapan tempur lengkap: baju lapang, boots, alat PE, notes kecil dan bolpoin. Jadi yang namanya magang di kandang sapi itu ga bakal wangi dan higienis, kamu mesti siap mental buat kotor dan bau. Selain itu kamu mesti siapin tenaga, pagi mesti sarapan, cukup tidur dan hindari punya masalah pribadi dengan siapapun.
Kedua, kenali semua paramedis dan dokter yang ada di bagian IB dan Keswan. Di papan tulis itu ada daftar nama dan nomor telepon. Saran aku sih masukin aja semua kontaknya ke hp terus refresh whatsapp dan screencapture foto profilnya. Kalian anak koas akan dibimbing oleh Drh Fathul yang merupakan kepala departemen di IB dan Keswan. Dokter yang lain ada Dokter Iyus yang suka bedah, Dok Asep yang kasep dan satu lagi Dok Rukmana. Kalau paramedic mah kepanjangan jelasinnya, yang jelas kalian kalau mau banyak kasus dan siap capek ikut aja ma Pak Agus Idi. Dijamin dah lu pas supervise jago haha.
Tips ketiga, kalau ke lapangan jangan lupa tanya anamnesa. Buat inisiatif untuk melakukan pemeriksaan fisik lengkap, setidaknya suhu, frek jantung dan frek napas. Catat juga terapi yang diberikan. Jangan segan untuk bertanya ke petugas mengapa diterapi dengan obat itu. Dari situ kamu jangan hanya berhenti, sampe kosan kamu cari tahu sendiri penjelasan kasus yang kamu temui di lapang. Kalau bisa sharing ma teman-teman kamu.
Keempat, langsung aja ketik kasus hari itu di laptop, kalau mau diangkat untuk dibahas berarti segera cari literaturnya. Jangan suka menumpuk dan menunggu hingga minggu terakhir. Pengalaman gw, begadang di minggu terakhir bikin sakit badan ma jiwa dah.
Terakhir, kasus yang kamu angkat sebaiknya kamu ikuti terus hingga dia sembuh atau dijual atau diafkir. Setiap perkembangan kasus itu penting untuk diperhatikan karena pas supervise kamu akan ditanya apakah terapi yang diberikan berhasil atau tidak. Dari cerita ini kamu ikut dengan paramedis yang sama berkali-kali juga ga papa. Bukan modus, tapi butuh. Bilang saja kalau kamu ada urusan untuk buat laporan.
Catatan: kalau ada operasi selalu ikuti, catat dan cari literatur prosedurnya di ebook, lalu bandingkan dengan di lapang. Jika ada perbedaan boleh kamu tanya. Dan jangan lupa selalu cari etiologi dari tindakan bedah itu kenapa dan pembahasan untuk penyakit dalamnya seperti apa. Bocoran saja di sini kalian pasti akan menemukan operasi LDA dan Sectio Caesar. Belajar itu kebutuhan, kalau bukan kalian yang inisiatif maju lalu kapan cepet lulus jadi dokter hewan???
Ingat kalau profesi kita itu amat mulia dan membutuhkan banyak pengetahuan, jangan asal kalau magang. Karena penyesalan itu datang kalau udah ketemu dosen. Apalagi keliatan begonya haha…..

Kesan aku magang di KPSBU itu menyenangkan dan woles, terserah kita mau serius atau leha2. Bapak2nya asik dan baik hati serta suka nraktir. Kalau futsal suka ngajak, badminton uga. Suka gossip dan becanda kelewatan sampe lupa umur. Semua seru asal dibawa enjoy.






Comments

Like you my sister..
Thanks...
Goood job..
Thanks my sister
apri bayu saputra said…
Sip dah..
Hai Kak, aku rencana mau magang di KPSBU. Tapi belum tau bakal tinggal dmn, waktu itu kakak nginap dmn ya kak? Terima kasih
rizkamil said…
Hai Atikah, saat magang aku nyari kosan di sekitar kpsbu. Tanya2 aja di sekitaran sana apakah ada kosan. Bisa ke orang kpsbu atau gang2 deket sana. Yang penting dekat untuk diakses dengan jalan kaki

Popular Posts