PMSA 2015

        Dua Minggu yang lalu tepatnya tanggal 10 Mei 2015 saya mengikuti kegiatan PMSA “Pelatihan Menejemen Satwa Akuatik” di Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Acara ini deselenggarakan oleh HIMPRO HKSA. Tema dari kegiatan ini adalah menejemen pemeliharaan satwa akuatik dengan agenda kuliah tentang ikan oleh Drh. Nurida Dessalma dari akuarium air tawar di TMII lalu ada nekropsi ikan pari yang dibimbing oleh Drh. Mawar Subangkit yaitu dosen patologi di FKH IPB. Di akhir acara ada pelatihan pembuatan aquascape yang dibimbing oleh Aquariyus Aquascape Bogor.
      Saya sangat senang bias memperoleh pengalaman seperti ini, tambahan ilmu yang tidak saya peroleh saat kuliah di kelas atau praktikum di laboratorium. Saya belajar secara lansung dengan ahli ikan dan diskusi mengenai hal yang ingin saya tahu. Tahun ini merupakan tahun ketiga saya mengikuti kegiatan pelatihan ini. Dua tahun lalu saya menjadi panitianya, dan konsep acaranya sedikit berbeda karena dilaksanakan dalam dua hari dan dilakukan kunjungan ke TMII untuk pengenalan hewan air secara langsung. Tahun lalu saya juga mengikuti pelatihan namun dengan tema hewan eksotik, saya belajar mengenai hewan reptil dan melakukan nekropsi ular.
        Kedepannya saya ingin terus mengeksplor ilmu-ilmu mengenai hewan kesayangan yang tidak hanya melulu tentang anjing kucing, namun juga hewan akuatik eksotik. Saya memegang prinsip bahwa “The real doctor treat more than one species” Jadi sebagai calon dokter hewan yang baik saya harus terus belajar, belajar dan belajar lagi agar saya bias professional di bidang yang saya tekuni. Saya percaya bahwa hasil merupakan buah dari kerja keras kita. Seberapa besar hasil yang kita dapatkan tergantung seberapa kuat tekat, keinginan dan tindakan yang kita lakukan. 

kursi pembicara kuliah PMSA 2015

teman sekelompok pelatihan desain aquascape

hasil desain aquascape kelompok kami :)


Comments

Popular Posts