KAMIL BERINVESTASI - PART II

 Halo, kita ngomongin soal uang lagi yuk!!

Kalian suka ga sih dengan konten yang beginian? Coba komen ya dan kasih saran kalau kalian mau aku coba-coba yang baru lagi

 

Aku mau berbagi tentang pengalaman terakhir aku di dunia investasi. Kita akan naik level sedikit. Jangan lupa ya dengan semboyan “HIGH RISK, HIGH VALUE”

Jadi, tanpa bertele-tele lagi kita masuk saja ke inti ceritanya…

 



Pertama, aku mau ngerasain nih kayak apa ya punya bitcoin? Kripto itu bentuknya kayak apa?

Sepengetahuan aku Bitcoin adalah salah satu alat pembayaran elektronik canggih dengan sistem Kriptografi. Dimana dua orang yang bertransaksi bisa langsung berhubungan untuk mengirim atau menerima tanpa campur tangan pihak ketiga untuk memproses.

Transaksinya dilakukan dengan kalkulasi matematika rumit di CPU computer untuk melindungi penjual dari penipuan dan juga memastikan pembeli mendapat kepastian untuk pembayaran dengan aman.

Dengan sistem peer to peer atau istilahnya network yang setiap komputernya bisa melayani atau dilayani pada saat bersamaan. Tidak ada yang bertindak sebagai server ataupun client. Maka transaksi yang tercatat bebas dilakukan oleh server mana saja yang bisa membantu proses tersebut. Selama CPU computer tersebut dapat menyampaikan pesan kolektif secara apa adanya.

Sifat dari sistem BITCOIN:

·       Stoknya terbatas, dengan suplay yang bersirkulasi di pasar sebesar (₿18,925,000) dari total ₿21,000,000

·       Memiliki sistem yang mandiri, tidak dipengaruhi oleh pihak ketiga (bank), situasi suatu wilayah dan kebijakan ekonomi negara tertentu

·       Dapat diakses dari mana saja selama ada internet

 

Kalau kalian mau coba baca sumbernya sendiri secara langsung, berikut aku sertakan linknya ya

https://www.youtube.com/watch?v=wkvdrvwTrLo

https://en.wikipedia.org/wiki/Bitcoin


Aku sendiri berusaha mempelajari sistem bitcoin yang sangat awam bagiku ini sendiri Dengan adanya applikasi lokal yang diawasi oleh pemerintah dan sudah legal, akhirnya aku memutuskan membuka akun di Tokocrypto (tersedia di apps store). Disana kita bisa deposit di dompet pribadi yang nantinya akan secara otomatis dikonversikan ke BIDR (Bitcoin Indonesia Rupiah).




Aku memilih untuk hold saja, deposit untuk jangka waktu yang panjang. Karena memang kestabilannya yang volatile (fluktuasi tajam). Mungkin, jika memang sistem ini berhasil dan sistem pembayaran dengan bitcoin sudah diakui oleh banyak negara. Paling tidak aku ga ketinggalan jaman banget gitu.

Keuntungan lainnya dari bitcoin ini bahawa tidak ada limitasi transfer, biaya transfer Rp 500 to all over the world, identitas pengguna anonym.

Contoh lain dari cryptocurrency selain bitcoin, ada juga ethereum, litecoin, binance, dll.

Comments

Popular Posts