Putaran Pertama Koas FKH IPB

Putaran pertama selama 3 bulan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian penyakit dalam, bedah dan reproduksi. Masing-masing dijalani selama satu bulan. Pengalaman ko as saya bulan pertama adalah bagian reproduksi yang dilaksanakan di URR (Unit Reproduksi dan Rehabilitasi). Kegiatannya terdiri dari kuliah tentang teori reproduksi hewan besar, kecil dan IB. Selain kuliah kegiatan di bagian reproduksi adalah belajar melakukan palpasi perektal, IB, pengobatan intrauterine, USG dan kegiatan laboratorium pembuatan semen cair dan beku untuk IB. Saya juga sempat mendapat pengalaman mengecek reproduksi hewan kecil seperti anjing. Kesan saya selama ko as dibagian repro adalah menyenangkan dan penuh tantangan karena kita harus memperoleh kompetensi lulus melakukan palpasi perektal dan IB hingga menembus serviks. Cukup sulit memang dan membuat beberapa orang menjadi frustasi jika tidak cepat mendapat hasil tapi semua itu saya jalani dengan enjoy dan hasilnya saya lulus meski harus mengulang ujian hehe.

Bagian yang ke-2 adalah penyakit dalam yang dilaksanakan di RSHP IPB. Di bagian ini kita akan memasuki dunia klinik, setiap orang mendapat satu pasien untuk menjadi tanggung jawab dia selama satu bulan. Hewan tersebut harus kita pantau kesehatannya dari awal datang hingga sembuh. Setiap ada kelainan yang terjadi harus dilaporkan ke dokter yang bertanggung jawab pada hewan tersebut. Untuk membantu kegiatan selama di penyakit dalam, kita akan mendapat mentor yaitu kakak kelas kita yang menjadi residen. Kakak tersebut menjadi dokter muda yang menggantikan dokter jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Rincian kegiatan selama di penyakit dalam antara lain:

· pukul 05.00 membersihkan kandang,
· pukul 06.00 pengobatan pagi dan physical examination (PE), pemberian pakan dan minum, dan exercise untuk anjing,
·  pukul 08.00-16.00 jaga di pos masing-masing (pos front office, ruang periksa, rawat inap dan lab diagnostik) pembagian pos bisa berganti setiap hari atau setiap 5 hari seperti kelompok saya. Pada pukul 12.00 kita juga mendapat tugas untuk mengecek kondisi fisik atau PE dan pengobatan siang.
·  pukul 18.00 PE, pengobatan dan pemberian pakan.
Ada tambahan, jika kita sedang bertugas di pos front office maka kegiatan jaga di pos dilakukan hingga pukul 22.00. Biasanya ada kakak residen yang menemani kita.

Di sela-sela kita menjaga pos akan ada kegiatan diskusi dengan dosen yang telah dijadwalkan. Kita akan lebih banyak bercerita tentang kasus kita temukan selama di RSHP dan review materi S1. Siapkan ilmu dan baca materi hingga tuntas agar siap bertatap muka dengan dosen. Memang cukup sulit pada awalnya tapi kita akan bisa jika telah terbiasa.

Lanjut ke bagian terakhir di putaran satu, saya akan bercerita tentang pengalaman di bagian bedah. Kalau di bagian ini kita tidak banyak dibebani oleh kegiatan jaga pos meski sama-sama berada di RSHP. Meski setiap hari kita dibagi untuk berada di pos x-ray, usg, bedah dan rawat inap. Pembagian jaga pos tersebut diputar setiap 5 hari dan kita mengikuti jadwal pemeriksaan dari rumah sakit jika ada pasien yang ingin periksa di pos kita. Oleh karena itu jika tidak ada pasien kita harus bisa membagi waktu untuk mengerjakan tugas, karena kita mendapat banyak sekali tugas, antra lain: interpretasi radiologi (x-ray) sebanyak 20 gambar, membuat protocol USG, bedah dan laporan hasil kegiatan di pos terutama untuk bedah. Kita mencari sendiri kasus bedah yang ingin kita lakukan, dan setiap kelompok yang terdiri dari 4 orang harus melakukan 2 jenis operasi yaitu sterilisasi (kastrasi atau OH) dan kasus terpilih (proplaps, amputasi, endometritis, pengangkatan tumor, operasi mata dan lain-lain). Kasus bedah yang kita angkat harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dosen pembimbing kelompok kita. Dosen tersebut membantu kita memahami proses bedah agar berjalan dengan lancar dan hewan sehat kembali pasca operasi.

Comments

Popular Posts