My Vet School Life

Tidak terasa sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini. Mungkin Karena faktor sibuk, malas ataupun tidak ada topik yang ingin saya bahas. Namun untuk edisi kali ini saya akan menuliskan catatan ko as saya dalam kurun waktu 3-4 bulan terakhir.


Saya sekarang merupakan mahasiswa ko asisten atau PPDH (Program Pendidikan Dokter Hewan) di Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Saya merupakan satu diantara 50 anggota gelombang 3 angkatan 2015/2016. Jika dihitung saya harus menunggu sekitar 6 bulan sejak kelulusan dari S1 hingga dapat menempuh program ini. Saya memang tidak menyiapkan pengetahuan khusus atau belajar materi S1 dulu, tapi saya mencoba untuk banyak bertanya kepada kakak kelas bagaimana menjalani kehidupan koas yang baik agar selamat hingga dokter hewan.

Kalau ditanya kenapa saya memilih melanjutkan sekolah dengan mengambil program ini tentu jawaban saya adalah karena saya mencintai profesi dokter hewan. Saya ingin memperoleh kewenangan untuk mengambil diagnosa dan melakukan pengobatan. Saya melihat jasa seorang dokter hewan sangatlah mulia bahkan tanpa dokter hewan belum tentu Indonesia bisa seperti sekarang. Mulai bahan pangan asal hewan, konservasi satwa liar, pembibitan hewan dan mengobati hewan kesayangan semua dilakukan oleh dokter hewan. Tak hanya satu jenis hewan tapi ada berbagai jenis spesies. Hebat kan??

Nah langsung saja ya ceritanya, jadi ko as di fkh IPB itu ditempuh selama 18 bulan. Ada 4 putaran dan setiap putaran selama 3 bulan. Plus juga pembekalan materi reseptir sebelum masuk bagian. Total keseluruhan ko as itu sebenarnya 13 bulan. Sisa waktu 5 bulan digunakan untuk mengejar dosen jika kita sudah siap ujian dan menulis laporan magang koas yang telah kita jalani sebelumnya. Jangan tiba-tiba pingsan ya dengan permulaan cerita ini. Karena koas itu bukan masalah menghitung waktu kapan kita selesai lalu mendapat gelar dokter, tapi lebih dari pada itu yang penting adalah bagaimana kita menjalani proses belajar dengan sangat keras dalam waktu singkat untuk mencapai standart kompetensi dokter hewan. Fyuh panjang ya hahaha

Pertama saya akan bercerita di awal masuk koas anda akan diberi pembekalan dan kuliah pendahuluan oleh para pemegang jabatan dan professional dari dalam maupun luar kampus. Di akhir pekan kuliah pembekalan kita akan diberi bonus dengan makrab ceria dari Sabtu hingga Minggu di Puncak, Bogor. Tenang saja makrabnya seru kok, filanya juga mewah serta pelatihnya masih muda. Jadi jangan tidur aja ya. Kalau ada kolam ya renang, kalau ada makanan ya abisin, kalau liat pemandangan ya tinggal foto-foto. Enak bukan?

Kedua kita mulai beranjak ke yang lebih serius. Kalau minggu pertama kita ga pernah mikir nah beda lagi nih. Minggu selanjutnya anda akan mulai membuka gerbang ko as sesungguhnya. Setiap hari anda akan belajar membuat resep dan menghafal nama obat di kuliah reseptir selama satu bulan. Setiap hari anda mendapat kuliah tentang penggunaan obat dan aturannya. Menghitung dosis obat dan pemberian, jenis sediaan dan lain-lain. Siapkan buku, catat yang cepat dan berlatihlah setiap hari. Ada tugas kelompok juga mengenai obat untuk jenis hewan tertentu dan contohnya. Tapi mudah kok, asal anda serius pasti bisa. Tinggal ujian nih di akhir pertemuan yang cukup menguras otak. Saya dulu berusaha mencari info contoh-contoh soal dari gelombang sebelumnya, dan menghafal nama obat-obatan yang sering dipakai beserta dosisnya. Saya hanya menghafal seperlunya karena semakin saya belajar semakin banyak yang saya lupa. Maaf ya jangan ditiru hehe


Ketiga …. Eng ing eeng….
Welcome to the real life of Co Assistant Program!!!
Saya akan bercerita di tiga bulan pertama saat masuk bagian. Jadi putaran pertama terdiri dari 3 bagian:
a.       Bagian Penyakit Dalam
b.      Bagian Bedah dan Radiologi
c.       Bagian Reproduksi

Jika anda ingin tahu lebih dalam dari ketiganya mari lanjut membaca blog saya :)



Comments

Popular Posts