Training and Workshop HACCP 2015




Minggu kemarin saya mengikuti Training dan Workshop HACCP yang diadakan oleh IncuBie di Pasca Sarjana IPB. Acara Training dan Workshop tersebut berlangsung selama tiga hari dari tanggal 19 hingga 21 November 2015. IncuBie sendiri merupakan lembaga yang berada di bawah naungan IPB. Acara ini diikuti oleh 31 peserta dari berbagai bidang yang didominasi oleh mahasiswa baik yang berasal dari IPB atau dari universitas lain.
Hari pertama kegiatan training diisi dengan kuliah yaitu pemeberian materi oleh Dr. Ir Diniah mengenai Good Fisheri Practice dan Good Handling Practice. Lalu dilanjutkan setelah makan siang materi kedua oleh Ir. Heru Sumaryanto M. Si mengenai Good Aquaculture Practice. Materi pada hari pertama ini lebih cenderung menjelaskan program persyaratan menuju penerapan HACCP dalam suatu usaha. Jadi untuk membentuk produk akhir yang berkualitas kita harus menggunakan bahan baku yang berkualitas. Prosedur penanganan bahan yang baik untuk menjaga kualitas dan keamanan pangan yang kita tangani.
Hari kedua kami belajar mengenai prinsip hazard bersama Drh. Novia Prayana. Di sesi ini kami mulai detekankan untuk mendalami persyaratan untuk HACCP dan penerapan 7  prinsip pokok HACCP itu sendiri. Perlu ada piramida HACCP yang menggambarkan kepada kita tahapan proses menuju HACCP, yaitu perlu ada suatu fondasi berupa Good Infastructure, lalu ke atas program penerapan Good Manufacturing Practice, lebih mengerucut lagi Sanitary Control Procedure dan paling puncak adalah HACCP itu sendiri. Setiap tahapan telah diatur menurut suatu standart seperti codex, SNI, UU Pangan tahun 2012, PP no. 28 tentang Keamanan Pangan serta peraturan yeng bersifat teknis dari BPOM, Kementan, Kemenperin dll.
Penerapan HACCP memerlukan 12 langkah, dimulai dari penyusunan tim HACCP; pendeskripsian produk; identifikasi pengguna yang dituju; menyusun diagram alir; verifikasi diagram alir;  mendaftarkan semua bahaya potensial, melakukan analisis bahaya dan menetukan tindakan pengendalian; menentukan CCP; menentukan batas kritis untuk setiap CCP; Menetapkan sistem pemantauan untuk setiap CCP; menetapkan tindakan koreksi untuk setiap penyimpangan yang mungkin terjadi; menetapkan prosedur verifikasi dan menetapkan penyimpanan catatan dan dokumentasi.
Pada sesi terakhir di hari kedua kami ditugaskan untuk membuat kelompok berdasarkan minat dan bakat kami seperti perikanan, peternakan dan pangan, HORECA. Setiap kelompok wajib menyusun langkah HACCP dan mendiskusikannya bersama sebelum dipresentasikan keesokan hari.
Hari ketiga kami mempresentasikan hasil laporan HACCP yang telah dibuat dan mendiskusikan hasil tersebut bersama kelompok yang lain. Dilakukan koreksi dan pembahasan isi bersama bu Novia selaku pembimbing. Pada sesi selanjutnya review mengenai materi yang telah diberikan agar kami lebih faham.
Setelah makan siang kami mengikuti kuliah sesi terakhir yang membahas tentang akreditasi dan sertifikasi oleh Ir. Yus Elidawati. Disini kami diberi penjelasan bagaimana alur akreditasi suatu usaha dan siapa saja yang berperan di dalamnya. Lembaga sertifikasi merupakan lembaga yang ditunjuk oleh Badan Akresitasi nasional untuk melakukan peneliaian kesesuaian berdasarkan standrat yang telah ditentukan pemerintah. Proses sertifikasi terdiri dari: Plan, Do, Chech dan Action.
Terakhir merupakan kesimpulan dari HACCP. Apa saja manfaat penerapan HACCP? Manfaat yang didapat dari penerapan HACCP adalah dengan diterapkannya HACCP maka terdapat dokumentasi yang memudahkan pengendalian, untuk menjaga konsistensi sehingga tercapai visi dan misi dari perusahaan serta agar ada badan auditor yang mandiri. Fase penerapan HACCP perlu suatu proses yang tidak serta merta dapat dilaksanakan namun harus dengan memulainya secara terpaksa, dipaksa sehingga biasa dan selanjutnya menjadi budaya. Kunci sukses penerapan sistem menejemen mutu tidak mutlak dilihat hanya dari pimpinan perusahaan atau pemiliknya tapi juga dari tingkat kematangan personel, motivasi internal, penerapan strategi dan keterlibatan setiap individu di dalamnya.
Sekian ulasan saya mengenai training dan workshop HACCP yang telah saya ikuti. Jika anda ingin mengikutinya carilah perguruan tinggi atau badan yang menawarkan jasa untuk mengasah skill anda agar semakin sukses dalam karir. Sekian terima kasih

Comments

Popular Posts