Magang Klinik Kayu Manis Yogyakarta :)



Liburan semester 4 ini aku magang liburan di klinik hewan Kayu Manis yang tepatnya berada di Jl. Gambiran no. 52 Yogyakarta. Aku magang selama seminggu, dimulai dari tanggal 8 sampai dengan 14. Magang kali ini aku ditemani oleh kedua teman baikku si Fleury dan Cerel. Kita bertiga seperti bocah yang membolang di salah satu kota besar. Untungnya saat berangkat kita ditemani oleh kakak kelas angkatan 46 kak Riza yang dulunya juga pernah magang di klinik Kayu Manis.

Kami berangkat dari Bogor hari Sabtu sore naik bus Sinar Jaya di terminal Baranan Siang. Setelah melewati sekitar 12 jam perjalanan dengan macet dan lain-lain akhirnya kami sampai di terminal Giwangan. Kemudian naik becak 15 rb per org untuk menuju ke klinik. Sebagai nasehat saja, mending naik taksi aja hanya 25 ribu dibagi jumlah org yang ada.

Sesampainya di depan Klinik, yang akan kita lihat terlebih dahulu dengan tampang lebih menonjol adalah hotel kayu manis. Ya memang Klinik Kayu Manis didirikan oleh anak dari pemilik Hotel Kayu Manis. Kita, mahasiswa yang magang di klinik tersebut bisa tinggal gratis di bagian belakang hotel. Meski tidak sebagus yang dibayangkan tapi lumayan lah bisa tinggal gratis di jogja. Kalau mau makan di sisi kanan, kiri dan depan ada yang jual kok. Laundry juga ada di depan. Cuma indomaret rada jauh, sekitar 500 m ke arah kanan.

Senang sekali bisa magang di klinik ini, banyak sekali pengalaman yang bisa kita dapatkan dari para dokter-dokter dan paramedis yang kece dan handal. Kita banyak diberi kesempatan untuk mencoba dan belajar. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanay dan mengajukan diri pedekate dengan paramedis. Mereka baiiiik banget, sampe pinjem motor buat main juga boleh.

Kami bertiga magang bebarengan dengan mahasiswa tingkat 1, 2, 3 bahkan tingakat akhir dari kedokteran hewan universitas-universitas yang lain. Ada dari UGM, UNAIR dan UB. Kita brasa udah sepeti keluarga saking deketnya. Mereka baik-baik banget. Kita sama-sama mau ke sini untuk belajar dan menambah kolega satu profesi.

Karena klinik ini buka 24 jam, jadi kita dibagi menjadi tiga shift: pagi, siang dan malem. Nah untuk peserta bisa menggilir sendiri mau jadwalnya kapan. Kalau pagi pasti dapat sesi menggrooming anjing atau kucing, siang banyakan beli pakan, sedangkan malam bisa sampe malam banget ya sekitar jam 12an lah. Apalagi kalau udah asik ma yang lain main kartu ataupun monopoli. udah lah itu bisa sampe pagi. Bagi yang kebagian shift malam, paginya harus ikut pengobatan pagi jam setengah 6. Memang sih bisa dilihat cukup berat juga, tapi menyenangkan kok.



Setelah seminggu kita magang, hari minggunya kita dikasih free oleh dokter Rannin selaku dokter tetua di klinik ini. Kita bertiga main ke Prambanan naik transjogja dengan modal 3 rb  buat ongkos sekali jalan. Habis dari Prambanan kita caw ke Malioboro plaza, disana kita dah janjian ma dua anak UB, mas Habib dan Ricko. Di plaza tersebut kita nungguin si Cerel cari celana pendek, jadi aku, fleury dan mas habib malah mentato tangan dengan hena. Murah kok mulai dari goceng. Sembari ngabuburit kita jalan ke "House of Raminten" dan ternyata jalannya cukup jauh. Aku saranin naik becak aja.

Malam pukul 9 kita pulang ke klinik, trus main kartu sampe jam 12. Dan zonk banget karena ada pesta perpisahan yang dirayakan dengan menabur tepung. Hashhh itu malam tergila dah. Sampe daleman baju pun penuh tepung. Asik tapi g enak juga karena badan jadi gatel-gatel pas tidur. Besoknya kita packing buat pulang ke Bogor dan sebelumnya wajib menyempatkan foto-foto di depan si Bulldog yang ada di depan klinik. Yuhuuu...

Magang kali ini sungguh berkesan, dapat ilmu, praktek, teman seru, dan jalan-jalan :D

kalau mau ngerasain, coba aja sendiri ya ;)

Comments

rizkamil said…
This comment has been removed by the author.
rizkamil said…
klo mau nanya hub lewat twitter aja ya @rizkamil :)

Popular Posts